harga-batako-press-manual

Anggapan Salah Tentang Batako

Masih ada orang yang memiliki anggapan salah tentang Batako. Padahal saat ini sudah banyak orang yang menggunakan batako untuk membangun Rumah, pagar, tembok dan pondasi. Batako memang sudah sangat umum digunakan, tidak seperti waktu dulu.

Ketika Batako pertama kali muncul, orang masih enggan memakai Batako. Dan masih panatik menggunakan Bata Merah, Mereka lebih percaya diri memakai Bata Merah.

Yang membuat Masyarakat pada zaman dahulu enggan memakai Batako adalah anggapan Mereka yang masih negative dengan Batako. Seperti beberapa anggapan berikut ini:

  • Batako itu berat, bangunannya nanti tidak kuat menyangga
  • Batako itu ringkih, tidak bagus untuk Rumah
  • Batako harganya mahal, Bata Merah lebih murah
  • Rumah yang dibangun dengan Batako itu udara didalam ruangan lembab, ada juga yang bilang panas dan ada juga yang bilang dingin

Anggapan-anggapan diatas tidak semuanya benar. Karena anggapan diatas itu hanya berdasarkan asumsi dan “katanya”. Mereka tidak mengalami sendiri tapi masih “katanya”, kata si A begini dan kata si B begitu. Kata “katanya” tidak berlaku disini, ayo Kita buktikan satu persatu anggapan diatas, apakah benar?

Anggapan Salah Tentang Batako Itu Berat, Bangunan Tidak Kuat Menyangga

cara-menghitung-kebutuhan-batako-untuk-rumah

Jika Anda menganggap Batako itu berat, maka Anda 100% betul. Namun bangunan tidak kuat menyangga Batako, itu jelas salah. Yang menentukan kuat tidaknya bangunan bukan hanya Batako saja. Tapi kekuatan beton yang Anda gunakan untuk membangun Rumah tersebut.

Jika Betonnya kuat, mulai dari pondasi, tiang dan pengaman yang lainnya kuat. Tentu bangunan tetap akan kuat. Batako mengikuti bangunannya…

Padahal cor atau beton yang Anda gunakan untuk membangun Rumah dari Batako dan dari Bata Merah itu sama. Jadi pakai Batako itu jelas amannya. Kelilingi setiap bagian Rumah dengan cor. Layaknya rumah dari Bata Merah.

Batako Itu Ringkih, Tidak Bagus Untuk Rumah

rumah-batako-minimalis

Sebelum Saya menjawab anggapan Batako itu ringkih, mari Kita lihat proses pembuatan Batako dari awal sampai akhir. Batako dibuat dari campuran pasir pilihan dan semen dengan takaran yang pas, kemudian dicampur air. Setelah semuanya rata, kemudian dicetak dengan cara dipadatkan menggunakan Alat pemadat dari bahan besi.

Biasanya pemukul ini beratnya sekitar 2KG-3KG. Setelah dipadatkan lalu dikeluarkan dari cetakan dan dibiarkan sampai 2 hari supaya mengeras dan perlahan mongering dengan sendirinya. Setelah itu Batako disimpan dengan cara disusun rapi.

Dari proses pembuatan Batako diatas, Apakah Anda yakin Batako itu Ringkih? Jika benar Batako itu ringkih, apakah bata merah lebih kuat dari batako? Apakah Anda sudah pernah mencobanya?

cara-menghitung-kebutuhan-batako

Kami dari Batako Pandawaland dan penjual bahan bangunan tentu sudah tau mana yang kuat dan mana yang ringkih. Jika Anda membandingkan Bata Merah dan Batako Pandawaland tentu lebih kuat Batako Pandawaland. Saya menggunakan Batako Pandawaland sebagai contoh Batako karena Saya tahu kualitasnya. Batako yang lain kualitasnya bermacam-macam.

Coba Anda test atau uji kekuatan dengan cara dibanting, Anda pukul dengan palu maupun dengan cara lainnya. Lihatlah apa yang terjadi dengan bahan bangunan tersebut. Sudah tentu hancur, namun lihatlah sehancur apa kedua bahan bangunan tersebut. Itu penting…

Batako Harganya Mahal, Bata Merah Lebih Murah

Anggapan ini 100% benar. Jika Anda menghitungnya perbiji maka Anda benar. Namun jika Anda menghitungnya per 1 meter persegi, Anda salah. Karena Anda membangun Rumah itu butuhnya banyak, tidak hanya 1 biji. Jadi yang adil adalah menggunakan hitungan per meter persegi.

Karena Panjang, lebar dan tinggi dari 2 bahan bangunan tersebut berbeda. Batako lebih besar ukurannya dibandingkan Bata Merah. Pembahasan selengkapnya tentang Batako VS Bata Merah

Rumah yang dibangun dengan Batako itu udara didalam ruangan lembab, ada juga yang bilang panas dan ada juga yang bilang dingin

rumah-batako

Saya sangat tertarik untuk membahas Anggapan Salah Tentang Batako. Karena Rumah Saya Pribadi semua temboknya dibuat menggunakan Batako. Saya tidak merasakan apa yang mereka semua katakan diatas.

Coba Anda perhatikan sekali lagi peryataan diatas,

Rumah yang dibangun dengan Batako itu udara didalam ruangan lembab, ada juga yang bilang panas dan ada juga yang bilang dingin. Mana yang benar?

Bangunan sama-sama terbuat dari Batako, lalu kenapa anggapan mereka berbeda?

Sebenarnya yang membuat anggapan Mereka berbeda-beda adalah pemahamannya yang salah. Yang membuat udara didalam Rumah panas, lembab dan dingin adalah cuaca dan juga bentuk dari Rumah yang Anda buat. Udara didalam Rumah yang kecil dan besar berbeda, serta Rumah yang ruangannya tinggi dan rendah sirkulasi udaranya juga berbeda.

Masih banyak lagi factor-faktor yang mempengaruhi suasana Rumah selain yang sudah Saya sebutkan diatas. Namun anggapan tersebut sudah mulai hilang, terbukti dari semakin banyaknya penjual Batako. Karena pembeli Batako juga semakin banyak sedangkan pembuat Bata Merah sudah beralih menjadi pembuat Batako. Ini fakta kenyataan dilapangan…

Sekian artikel dari Saya tentang Anggapan Salah Tentang Batako. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda. Bagikan ya!

Bagikan: